Kamis, 01 Agustus 2013

KEWIRAUSAHAAN KELAS XI


Mata Pelajaran  Kewirausahaan
Kelas  XI  semester 3

PELUANG DAN RESIKO USAHA
 
Kode SK/KD : C / 3.1
Standar Kompetensi : Merencanakan Usaha Kecil / Mikro
Kompetensi Dasar : Menganalisis Peluang Usaha 
Indikator : Menganalisis peluang usaha yang  
didasarkan pada jenis produk  dan jasa  


Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran selesai siswa dapat :
1. menganalisa peluang dan resiko usaha
2. mengidentifikasi Kegagalan dan keberhasilan wirausaha

1. Peluang Usaha
Pengertian peluang usaha
a.         Kesempatan atau waktu yang tepat yang seharusnya diambil / dimanfaatkan bagi seorang wirausahawan untuk mendapatkan keuntungan
b.         Target usaha yang didalamnya terdapat keinginan dan kebutuhan yang akan dipenuhi atau dipuaskan seseorang atau kelompok
Dalam  proses menemukan peluang usaha , ada dua tahapan yang harus kita ketahui yaitu :
a)        Tahapan mempersiapkan diri menjadi seorang wirausaha .
Dalam tahapan mempersiapkan diri terdiri dari 4 tahapan penting ,yakni :
1)     Mengenal diri sendiri
2)     Mempelajari peluang dengan cara berpikir kreatif
3)     Menganalisis dan memanfaatkan inspirasi usaha untuk dijadikan alternatif alternatif peluang usaha
4)     Mengubah dan menentukan alternatf –alternatif peluang menjadi sebuah usaha
b)        Tahapan merencanakan usaha .

 Dalam tahap ini wirausaha diharapkan mampu untuk memahami dan mengetahui :
1)     Perencanaan usaha
2)     Konsep dan aspek manajemen usaha
3)     Hal-hal tentang pengetahuan kewirausahaan.
Peluang dalam bahasa Inggris adalah Opportunity yang berarti kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian atau momen  dan menjadi ilham ( ide /inspirasi ) bagi seseorang.  Inspirasi muncul dari mana saja dan kapan saja , hal ini dipengaruhi faktor-faktor berikut :
1.    Faktor Internal : Faktor yang berasal dari dalam diri sesorang :
² Pengetahuan yang dimiliki
² Pengalaman  yang dimiliki individu
² Pengalaman saat ia melihat orang lain menyelesaikan masalah
² Intuisi yang merupakan pemikiran yang muncul dari individu
2.    Faktor eksternal : hal-hal yang dihadapi seseorang :
² Masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan
² Kesulitan yang dihadapi sehari-hari
² Kebutuhan yang belum terpenuhi
² Pemikiran yang besar untuk menciptakan sesuatu yang baru.
Dalam dunia usaha seorang wirausaha hendaklah memahami, mengerti dan memperhatikan peluang usaha yang ada disekitar lingkungannya denagan cara :
1.    Menangkap peluang usaha :
Untuk menangkap peluang usaha perlu kerja keras , pengorbanan dan keberanian mengambil resiko . Kunci keberhasil menangkap peluang usaha akan  diidentifikasikan oleh pengalaman, pendekatan terhadap manusia, teknologi, komunikasi dan informasi.
2.    Strategi untuk menangkap peluang usaha:
Strategi pemanfaatan peluang usaha dapat dilakukan dengan cara :
a.    Integrasi vertical   : penggabungan usaha yang mempunyai keterkaitan usaha yang saling   membutuhkan secara kontiniu
b.    Menambah kapasitas : menaikkan jumlah produksi
c.     Memasuki bisnis baru : membuka usaha baru yang tidak ada kaitannya dengan usaha yang sedang berjalan
3.    Cara mengidentifikasi peluang bisnis menurut Dr.D.J. Schwartz :
a)   Percaya dan yakin bahwa usaha bisa dilaksanakan ( hapus kata mustahil, tidak mungkin , tidak bisa , tidak perlu dicoba )
b)   Setiap hari bertanya pada diri sendiri “ bagaimana saya dapat melakukan usaha lebih baik “
c)    Bartanya dan mendengarkan sarat dan kritik dari pihak lain
d)   Perluas pikiran dan bersemangat.
4.    Unsur-unsur agar mencapai sukses menurut Paul Charlap
1)   Work hard ( kerja keras )
2)   Works Smart ( kerja cerdas )
3)   Enthusiaasn ( kegairahan )
4)   Service ( pelayanan )
2. Mengumpulkan  Informasi  Dalam  Peluang  Usaha
² Pentingnya informasi dalam peluang usaha :
1)   Menggali peluang usaha
2)   Menyusun konsep usaha yang tepat
3)   Menciptakan nilai tambah dan menguntung.
² Hal-hal yang perlu dicermati dalam mencari peluang usaha :
1)   Minat dan daya beli konsumen
2)   Seluk beluk pemasaran produk/ barang
3)   Penjualan produk/ jasa
4)   Manajemen usaha
5)   Modal usaha
6. Tenaga kerja
7. perawatan alat
8. administrasi dan pembukuan
9. Penelitian dan pengembangan usaha

Dalam mencari dan mennyusun informasi pemanfaatan peluang usaha, wirausahawa memerlukan informasi tentang:
v inat dan daya beli konsumen,
v seluk beluk pemasaran produk / jasa,
v penjualan produk / jasa,
v produk / jasa,
v manajemen usaha,
v modal usaha
v tenaga kerja,
v perawatan peralatan,
v adminstrasi dan pembukuan,
v serta penelitian dan pengembangan usaha.
a)   Sumber informasi peluang usaha
v Syarat informasi : datanya harus lengkap, dapat dipercaya dan masih berlaku
v Pengelompokan perolehan Sumber informasi peluang usaha :
a.  Sumber informasi peluang usaha data primer :
1)        Langsung dari konsumen, pembeli, pelanggan sendiri,
2)        Langsung dari  pedagang perantara,
3)        Langsung dari penjual sendiri
b.  Sumber informasi peluang usaha data sekunder :  
1)        Dari catatan intern wirausaha sendiri,
2)        Dari pemerintah,
3)        Dari data biro statistik,
4)        Dari perkumpulan pedagang,
5)        Dari KADIN (kamar dagang dan industri),
6)        Dari  media massa
b )  Manfaat Sumber Informasi Peluang Usaha
Dengan memanfaat sumber-sumber informasi peluang usaha , wirausaha dapat melaksanakan perubahan / perbaikan didalam hal berikut :
1.      Perluasan kompetisi dalam usaha
2.      Pembuatan produk/jasa yang diminati konsumen
3.      Pemasaran produk
4.      Masalah ketenagakerjaan
5.      Cara mengelola usaha
6.      Desain produk dan jasa
7.      Kualitas produksi dan jasa
8.      Membuat produk dan jasa
3.  Mengidentifikasi Peluang Usaha
a.         Menggali peluang usaha
Untuk menggali peluang usaha / bisnis , wirausahawan harus berpikir secara positif dan kreatif,
antara lain :
1)        Percaya dan yakin bahwa usaha /bisnis bisa dilaksanakan
2)        Menerima gagasan baru didalam usaha/ bisnis
3)        Bertanya kepada diri sendiri
4)        Mendengarkan saran orang lain
5)        Mempunyai etos kerja yang tinggi
6)        Pandai berkomunikasi
b.    Cara mengidentifikasi peluang usaha
Mengidentifikasi peluang usaha dapat dilakukan dengan:
a.    Memperhatikan  bidang hasil usaha produk, yaitu: kedudukan pasar, profitabilitas, SDM, keuangan, sarana kerja, tanggung jawab sosial, dan pengembangan usaha.
b.    Belajar ilmu manajemen usaha melalui dunia pendidikan
c.     Meminta jasa konsultan manajemen, keluarga, atau kenalan
c.   Persyaratan pokok dalam mengidentifikasi / menggali peluang keberhasilan usaha pada masa depan adalah :
1)   Berpikir polos
2)   Keterbukaan
3)   Optimisme
4)   Mengakui kesalahan
5)   Kerjasama dan mau mendengarkan saran orang lain
6)   Percaya akan hari esok lebih baik daripada hari ini.
4.  Resiko Usaha
Resiko adalah ketidakpastian atas terjadinya suatu peristiwa . Jika diidentifikasi resiko yang timbul dalam usaha  antara lain:
§  barang tidak laku,
§  barang-barang yang tidak bisa terbayar,
§  barang tidak bermanfaat bagi konsumen,
§  bencana alam,
§  pencurian,
§   penipuan,
§  kredit macet,
§  utang yang besar dan tidak terbayar,
§  pemogokan karyawan,
§  sabotase terhadap usaha
§  harga tidak stabil
§  resesi dan inflasi,
§  gejolak politik dalalm negeri,
§   keuangan usaha,
§  tidak dipercaya oleh perbankan,
§  cash flow yang tersendat-sendat,
§  penjualan yang rendah,
§  kacaunya distribusi,
§  sulitnya bahan baku,
§  kacaunya manajemen produksi.
Kemampuan wirausaha dalam mengambil resiko akan ditingkatkan oleh :
1)   Keyakinan pada diri sendiri untuk sukses
2)   Kemampuan menghadapi situasi resiko menurut tujuan usaha
3)   Kemampuan menilai resiko secara realistis
4)   Kesediaan untuk mengubah keadaan demi keuntungan usaha
B.  FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN USAHA
Faktor-faktor yang menjadi dasar keberhasilan usaha:
a.    Manusia
b.    Keuangan
c.     Organisasi
d.    Perencanaan
e.     Mengatur usaha
f.      Pemasaran
g.    Adminstrasi
h.    Fasilitas pemerintah
i.      Catatan bisnis

Identifikasi karakteristik sukses seorang wirausaha yang menonjol adalah:
1.    Pengendalian pribadi: mengenali arti penting kehidupan pribadinya bagi kegiatan usah
2.    Pemikir kreatif: mencari sesuatu yang lebih baik dalam bisnisnya
3.    Pengendalian diri: ingin dapat mengendalikan semua yang mereka lakukan
4.    Mengusahakan: menyukai aktivitas yang menunjukkan kemajuan-kemajuan yang berorintasi pada tujuan
5.    Pemikir objektif: tidak takut mengakui jika keliru
6.    Pemecah masalah: memiliki banyak alternatif
7.    Mengarahkan diri sendiri: memotivasi diri untuk berhasil
8.    Mengelola usaha dengan sasaran: cepat memahami  tugas rinci yang harus diselesaikan untuk mencapai sasaran usaha
Kegagalan usaha, dapat diidentifikasi melalui:
a.    Kebiasaaan menunda-nunda waktu: menunggu hari esok dalam berusaha, menunggu waktu dalam berusaha
b.    Ketekunan dan ketaqwaan: membayangkan kegagalan yang bukan-bukan, kurang tekun dan taqwa kepada Allah
c.     Kepribadian negatif: kurang mampu menggunakan kekuatan-kekuatan yang ada dalam diri sendiri, kurang bergaukl dengan orang lain, perasaan rendah diri, dan lekas menyerah serta tidak percaya pada diri sendiri
d.    Kebiasaan boros: mengeluarkan uang secara berlebihan, perasaan takut miskin, sifat mementingkan diri sendiri
e.     Kebiasaan hati-hati yang berlebihan: takut menggunakan waktu dalam usaha, takut menghadapi waktu dalam usaha, dan takut menghadapi resiko dalam usaha
Identifikasi karakteristik kegagalan seorang wirausaha yang menonjol adalah:
a.         Dedikasi : meremehkan waktu dan dedikasi pribadi yang diperlukan untuk memulai usaha
b.         Pengendalian usaha atau bisnis : gagal mengendalikan aspek-aspek utama usaha
c.         Pengalaman manajemen : pemahaman umum terhadap disiplin manajemen yang rata-rata kurang
d.         Pengelolaan piutang : menimbulkan masalah arus kas yang buruk karena kurangnya perhatian terhadap piutang
e.         Memperluas usaha berlebihan : memulai suatu program perluasan usaha sebelum siap berbisnis
f.          Sumber Belajar Lokasi usaha: memilih lokasi usaha awal yang buruk untuk perusahaannya.
g.         Pembelanjaan: menimbulkan pengeluaran awal yang tinggi yang sebenarnya tidak penting
Evaluasi

        1.     Apayang dimaksud dengan peluang usaha ?
        2.     Dalam menggali peluang usaha ,apa yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha ?.
        3.     Jelaskan manfaat sumber informasi peluang usaha bagi wirausaha !
        4.     Jelaskan strategi pemanfaatan peluang usaha !
        5.     Jelaskan karakteristik kegagalan wirausaha !
Sumber Belajar

1.     KewirausahaanJilid 2 untuk SMK tingkat II ,Atty Srie Sulastri,  Grafindo Media Pratama, 2008
2.     Kewirausahaan Jilid 2 untuk SMK dan MAK untuk kelas XI ,Hendro  Erlangga, 2010
3.     Modul Kewirausahaan untuk SMK kelas 11, semester Gasal,Pista  CV Seti-Aji
4.   Modul  Kewirausahaan untuk SMK kelas XIa, semester Ganjil, Master   AVIVA
5.   Modul  Kewirausahaan untuk SMK kelas XI, semester gasal, HTS






2 komentar:

  1. Terima Kasih banyak atas ilmu yang telah ibu berikan, saya dapat mengisi lembar kerja soal (LKS) saya.

    Semoga ilmunya bisa bermanfaat kepada orang lain atau calon Wirausaha.

    BalasHapus